ASWAJA MUDA BAWEAN

Kumpulan Hasil-Hasil Bahtsul Masail via Kajian Fikih Terapan [KFT]

dlammandlommanTanpa kategori

Apakah menuduh Zina bisa menjadi penghalang Waris?

1 Mins read

Ada seseorang yang menuduh zina kepada orang lain yang mempunyai ikatan warisan dengan dirinya dan ternyata dia tidak dapat membuktikan tuduhan zina tersebut. Apakah tuduhan zina yang diancam dengan hukuman had itu termasuk mawani’ul irtsi yang dapat meniadakan hak waris dari si penuduh zina?

Jawaban:

Tuduhan zina itu tidak dapat meniadakan hak waris, karena tidak termasuk hal-hal yang mencegah hak warisan.

Dasar pengambilan

Kitab asy Syansyuri Syarah ar Rahabiyah halaman 58-59

إِعْلَمْ أَنَّ المَوَانِعَ جَمْعُ مَانِعٍ وهُوَ إصْطِلاَحًا مَا يَلْزَمُ مِنْ وُجُودِهِ العَدَمَ وَلاَ يَلْزَمُ مِنْ عَدَمِهِ وُجُودًا وَلاَ عَدَمًا لِذَاتِهِ عَكْسُ الشَّرْطِ. وَمَوَانِعُ الإِرْثِ سِتَّةٌ إقْتَصَرَ المُصَنِّفُ رَحِمَهُ اللهُ عَلَى المُتَّفَقِ عَلَيْهِ مِنْهَا وَهُوَ ثَلاَثَةٌ: إحْدَهُمَا رِقٌّ وَثَانِيهَا قَتْلٌ وَثَالِثُهَا إخْتِلاَفُ دِيْنٍ.

Artinya “Ketahuilah bahwa kata “mawani” itu adalah bentuk jamak dari kata mani’. Menurut istilah,mani’ itu adalah apa yang wujudnya mengharuskan ketiadaan, sedang ketiadaannya tidak mengharuskan keadaan dan tidak pula ketiadaan bagi dzatnya. Mani’ ini adalah kebalikan dari syarat. Hal-hal yang mencegah (mawani’) warisan itu ada enam yang mushannif, semoga Allah merahmatinya, meringkas pada apa yang telah disepakati dari enam tersebut, yaitu tiga: 1) Perbudakan; 2) Membunuh; 3) Perbedaan agama”.

Related posts
Kajian Fiqih TerapanSosial

Panggilan Mami-Papi kaum Muda-Mudi yang lagi Pacaran

1 Mins read
Pertanyaan Bagaimana pandangan syariat tentang kebiasaan remaja-remaji dewasa ini, yg dalam pergaulannya sering memanggil mami papi ke teman sejawatnya sebagai panggilan sehari2?… Share this:TwitterFacebook
Fiqih MuamalahGhararKajian Fiqih TerapanKesehatanMakanan dan Minuman Halal

Perasa pada Makanan dan Minuman dan Imbasnya terhadap Kehalalan Produk

2 Mins read
Perasa pada Makanan Share this:TwitterFacebook
dlammandlommanTanpa kategori

Kumpulan Kasus Dana Desa

4 Mins read
Jakarta – Indonesia Corruption Watch (ICW) merilis ada 110 kasus penyelewengan dana desa dan alokasi dana desa sepanjang 2016-10 Agustus 2017. Dari 110… Share this:TwitterFacebook
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *