ASWAJA MUDA BAWEAN

Kumpulan Hasil-Hasil Bahtsul Masail via Kajian Fikih Terapan [KFT]

dlammandlommanTanpa kategori

Bersalaman dengan yang bukan Mahram

1 Mins read

Deskripsi

Dalam hubungan dengan lawan jenis, agama telah membuat batasan-batasan yang mencover segala tingkah laku kita dengan lawan jenis, baik ditempat kerja atau dimanapun dan kapanpun.

Namun, dewasa ini berkembangnya peradaban di kalangan kita dengan berbagai macam ragam corak dan model, serta dengan berbagai alasan dan paradigma masing-masing, telah melunturkan nilai-nilai keislaman yang mesti dijaga dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu dari nilai yang luntur itu adalah dalam hal berinteraksi dengan lawan jenis.

Ilustrasi Jabat Tangan dengan lawan jenis

Pertanyaan

Apa hukumnya bersalaman dengan wanita di tempat kerja dalam keadaan punya wudhu’?

Jawaban

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, perlu kita melakukan tafshil terlebih dahulu, yaitu:
1. Bagaimana hukum wudhu’ orang tersebut jika bersalaman dengan wanita/pria ajnaby?
2. Bolehkah bersalaman dengan wanita/pria ajnaby ditempat kerja?

Jawaban:

Terhadap pertanyaan pertama, yakni berkaitan dengan status wudhu’ pelaku, menurut mazhab syafi’i, adalah dihukumi batal bagi kedua insan yang berlainan jenis dan bukan mahram dan yang bersalaman.


Adapun terhadap status hukum bersalaman dengan wanita/pria ajnabi, maka hukumnya adalah haram. Adapun yang dimaksud dengan pria/wanita ajnabi adalah wanita/pria yang bukan mahram. 


Pria/wanita yang dikategorikan mahram adalah yang tidak boleh untuk dinikahi oleh muslim laki-laki dalam keadaan apapun seperti ibu, saudara perempuan, anak perempuan, bibi dari pihak ayah dan ibu, nenek, cucu, mertua wanita, menantu wanita, keponakan perempuan, ibu sepersusuan dan anak tiri, mereka yang telah disebutkan dalam surat An-Nisa’ ayat 23.

Tidak boleh bersalaman dengan wanita ajnabi ditempat kerja dan dimanapun serta kapanpun, wanita ajnabi seperti rekan kerja, teman belajar, tetangga, sepupu perempuan dll yang tidak termasuk mahram seperti yang telah dijelaskan diatas.

Siapa saja yang bersalaman dengan wanita ajnabi maka dia telah melakukan perbuatan haram dan meyalahi sunnah nabi Muhammad, karena nabi tidak pernah bersalaman dengan wanita ajnabi sekalipun, dan ketika nabi bermuamalah dengan wanita, nabi bermuamalah dengan mengisyarahkan dengan tanganNya.


Nabi SAW bersabda berkenaan dengan bersalaman dengan ajnabi:
“Hendaklah, dipaku kepalamu dengan jarum dari besi adalah lebih baik daripada engkau bersentuhan dengan wanita yang tidak halal bagimu”.

Refrensi:

Al-kalamu At-Thayib Fatawa “ashriyyah. Hal 17-18

مس يد المرأة

السؤال: ما حكم مصافحة النساء فى العمل وأنا على وضوء واقوم بالصلاة فهل مصافحة النساء تبطل الوضوء؟

الجواب: هنا قضيتان, القضية الاولى: مصافحة النساء هل تبطل الوضوء ام لا؟ ذهب جماعة منهم أبو حنيفة الى أنها لا تبطل الوضوء. وذهب آخرون منهم الشافعية إلى انها تبطل الوضوء وخروجا من الخلاف إذا حدث من اللمس بالمصافحة او غيرها, فإننا نتوضأ فالقضية الثانية: هل يجوز مصافحة النساء الأجنبيات فى العمل؟ لاتجوز مصافحة النساء الأجنبيات- وهن من لسن بمحارم, والنساء المحارم هن من لا يجوز للمسلم التزوج بهن مطلقا كالام والأخت والبنت والعمة والخالة والجدة والأحفاد من البنات وأم الزوجة وزوجة الإبن, وبنت الأخ و بنت الأخت والأم من الرضاع وبنت الزوجة ون مذكورات فى اية النساء رقم 23

لاتجوز مصاحة الأجنبيات فى العمل او فى أي مكان أو زمان والأجنبيات كالزميلة فى العمل او الدراسة أو الجارة أو إبنة العم أو العمة أو الخال أو الخالة وغيرهن ممن لسن بمحارم كما أسلفنا. ومن صلفح هؤلاء الأجنبيات فقد وقع فى الحرام, وخالف سنة النبي العدنان, لأن النبي صلي الله عليه وسلم ما صافح إمرأة قط, وعندما كان يبايع النساء كان يبايعهن بالإشارة بيده الشريفة صلي الله عليه وسلم. ويقول صلي الله عليه وسلم محذرا وحاظرا من هذه المصافحة: لأن يطعن فى رأس أحدكم بمخيط من حديد خير له من أن يمس امرأة لاتحل له

Related posts
Kajian Fiqih TerapanSosial

Panggilan Mami-Papi kaum Muda-Mudi yang lagi Pacaran

1 Mins read
Pertanyaan Bagaimana pandangan syariat tentang kebiasaan remaja-remaji dewasa ini, yg dalam pergaulannya sering memanggil mami papi ke teman sejawatnya sebagai panggilan sehari2?… Share this:TwitterFacebook
Fiqih MuamalahGhararKajian Fiqih TerapanKesehatanMakanan dan Minuman Halal

Perasa pada Makanan dan Minuman dan Imbasnya terhadap Kehalalan Produk

2 Mins read
Perasa pada Makanan Share this:TwitterFacebook
dlammandlommanTanpa kategori

Kumpulan Kasus Dana Desa

4 Mins read
Jakarta – Indonesia Corruption Watch (ICW) merilis ada 110 kasus penyelewengan dana desa dan alokasi dana desa sepanjang 2016-10 Agustus 2017. Dari 110… Share this:TwitterFacebook
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *