ASWAJA MUDA BAWEAN

Kumpulan Hasil-Hasil Bahtsul Masail via Kajian Fikih Terapan [KFT]

dlommanFiqih MuamalahHibahHutang Piutangwakaf

Menjaminkan Harta Wakaf untuk Hutang Mauquf Alaih'

1 Mins read

Pertanyaan

assalamualaikum poro yai bade nyuwun pirso bab hukum. umpamanya beberapa orang urunan untuk beli tanah wakaf perluasan pondok, diperjalanan yg dominan hanya seorang, yg lain nyumbang sekedarnya. karena kekurangan dana pembelian dan pembangunan, akhirnya dijadikan sertifikat hak milik untuk jaminan hutang. gmn gus hukumnya ? gmn agar halalnya jika minta persetujuan pihak2 tersebut ? jazakumulloh khoir..

Jawaban:

Di soal, tertera hutang untuk pembelian dan pembangunan dalam rangka perluasan pondok. Itu menunjukkan bahwa hutangnya adalah bukan hutang pribadi.

Dan nampaknya, ia seorang pengasuh/pengelola pondok tersebut, dengan demikian ia seorang nadhir wakaf. Jadi, permasalahannya sekarang adalah Sertifikat Hak Milik (SHM) dan ijin penggunaan lahan tersebut untuk keperluan jaminan hutang pondok.

Dengan demikian, maka: jika yg berhutang itu adalah nadhir wakaf untuk manfaat wakafnya, maka hukumnya boleh dan halaalan thayyiban.

Nadhir boleh menyewakan tanah wakaf tersebut dengan alasan:
1. Dipergunakan untuk mauquf ‘alaih
2. Menghutangkan sebagai jaminan tidak berarti menghilangkan status waqaf

Referensi :

Al Najmu al Wahhaj fi Syarhi al Minhaj: 5/531

الثامنة: إذا فضل من ريع الوقف مال .. هل للناظر أن يتجر فيه؟ أجاب الشيخ بجواز ذلك إذا كان لمسجد؛ لأنه كالحر، بخلاف غيره

التاسعة: سئل أبو عبد الله الحناطي عن شجرة نبتت في المقبرة هل للناس الأكل من ثمارها؟ فقال: قيل: يجوز، والأولى عندي صرفها إلى مصالح المقبرة، واختار المصنف الأول.

وعن رجل غرس شجرة في المسجد كيف يصنع في ثمارها؟ فقال: إن جعلها للمسجد .. لم يجز أكلها إلا بعوض ويصرف إلى مصالح المسجد، وإن غرسها مسبلة للأكل .. جاز أكلها بلا عوض، وإن جهلت .. رجع إلى العادة في ذلك.

Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *